-->
  • Jelajahi

    Copyright © NGOPII
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Na’at dan Man’ut / Kata yang Disifatkan (النَّعْتُ وَالْمَنْعُوْتُ)

    Selasa, 07 April 2015, 21.15 WIB Last Updated 2015-11-09T08:30:41Z
    Al-Ustadz Abu Bakar Abdullah

    الدَّرْسُ الثَّالِثَ عَشَرَ

    (Pelajaran Ketiga Belas)

    النَّعْتُ وَالْمَنْعُوْتُ

    (Sifat dan Kata yang Disifatkan)


    Segala puji hanya bagi Allah yang telah memudahkan bagi kita jalan menuntut ilmu. Dengan menuntut ilmu, Allah memudahkan jalan seseorang menuju jannah-Nya. Memasuki pelajaran ketiga belas kita akan membahas النَّعْتُ وَالْمَنْعُوْتُ.
    Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
    bahasa-arab-14a
    Penjelasan

    Semua kata yang digarisbawahi adalah isim-isim beserta sifatnya. Pada contoh تَاجِرٌ غَنِيٌّ, isim تَاجِرٌ diberi sifat غَنِيٌّ. Jadi, غَنِيٌّ sebagai النَّعْتُ (sifat), sedangkan تَاجِرٌ sebagai الْمَنْعُوتُ (yang disifatkan).

    bahasa-arab-14b

    Pada kalimat عَبَّاسٌ تَاجِرٌ غَنِيٌّ, isim عَبَّاسٌ berkedudukan sebagai mubtada’. Adapun na’at dan man’ut (تَاجِرٌ غَنِيٌّ) sebagai khabarnya.

    bahasa-arab-14c

    Penjelasan serupa juga berlaku pada contoh-contoh yang lain. Kata كَسْلَانُ tidak memiliki tanwin karena termasuk isim ghairu munsharif.

    Pembaca setia Qonitah hafizhakumullahu, perhatikan pula kalimat-kalimat berikut!
    bahasa-arab-14dbahasa-arab-14e
    Penjelasan

    Sebagaimana pada contoh-contoh sebelumnya, kata-kata yang bergaris bawah adalah isim-isim beserta sifatnya (النَّعْتُ وَالْمَنْعُوْتُ). Yang membedakan contoh-contoh ini dengan contoh-contoh sebelumnya adalah bahwa pada contoh-contoh ini, isim dan sifatnya (na’at dan man’ut) menggunakan alif lam sebagai isim ma’rifah.

    Dari contoh-contoh ini dan sebelumnya, kita bisa mengetahui bahwa secara umum, na’at (sifat) mengikuti man’utnya (isim yang disifatkan) dalam hal jenis (mudzakkar/muannats), dalam hal jumlah (mufrad/mutsanna/jamak)(1), dalam hal ma’rifah/nakirah, dan dalam hal i’rab (rafa’/nashab/jar).
    Agar keterangan-keterangan di atas lebih jelas, perhatikan contoh-contoh berikut!

    bahasa-arab-14f
    Penjelasan
    Na’at dan man’ut pada contoh pertama dan kedua berupa isim nakirah, sedangkan pada contoh ketiga dan keempat berupa isim ma’rifah.

    Kata قُدَمَاءُ dan فَاطِمَةُ tidak menggunakan tanwin karena termasuk isim ghairu munsharif.


    Ringkasan
    Na’at dan man’ut adalah isim beserta sifatnya. Telah dijelaskan pada pelajaran-pelajaran sebelumnya bahwa kata-kata sifat dalam bahasa Arab termasuk isim.
    Secara umum, na’at (sifat) mengikuti man’ut-nya (isim yang diberi sifat) dalam hal jenis (mudzakkar/muannats), dalam hal jumlah (mufrad/mutsanna/jamak), dalam hal ma’rifah/nakirah, dan dalam hal i’rab­ (rafa’/ nashab/jar).

    Kantong Kosakataku
    Alhamdulillah, bertambah lagi kosakata bahasa Arab kita. Semoga nantinya kita menjadi muslim yang mencintai bahasa Kitab-Nya yang mulia.
    bahasa-arab-14g

    الْحَمدُ لِلهِ الَّذِيْ بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ، وَاللهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَابِ

    Sumber: http://qonitah.com
    Pelajari sebelumnya
    Pelajari setelahnya

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +